Rabu, 02 April 2008

Tugas Masalah Perkembangan Kognitif Remaja

Mengapa Mayoritas Remaja Berulah Radikal?

Masa remaja merupakan suatu masa peralihan seseorang dari masa anak-anak, yaitu ketika pada masa ini rasa kepercayaan diri seorang anak sangat begitu terlihat menonjol bahkan dapat dikatakan lebih, sehingga pada masa ini seorang anak terkadang dan bahkan hal ini sangat sering membuat mereka berbuat apapun karena, mereka merasa cuek atau masa bodoh terhadap sesuatu. Mengapa hal ini dapat terjadi, dan faktor apa yang menjadi penyebabnya sehingga mereka berani berbuat sesuatu hal yang di rasa kurang baik seperti itu ?
Menurut saya apabila ditinjau dari sisi psikologisnya ternyata sebagian faktor yang dapat menjadi penyebab mengapa pada masa remaja mayoritas berbuat radikal seperti itu, adalah :
  1. Terjadinya beberapa hal pada masa anak-anak atau remaja yang sulit untuk mereka lupakan dan akan terus teringat karna hal tersebut telah menempel dalam ingatannya, seperti :
    1. Adanya rasa trauma yang mereka pernah alami pada masa lalu dan masih saja teringat olehnya.
    2. Adanya perlakuan-perlakuan tidak baik yang terjadi di dalam keluarga dan sekitar lingkungan tempat tinggal atau dalam lingkungan sekolahnya.
    3. Adanya sifat trauma terhadap kondisi lingkungan, seperti kondisi ekonomi yang membuat mereka merasa rendah diri dan membuat rasa percaya dirinya hilang.
Lalu apabila kita lihat seperti apa penyebab remaja berbuat seperti itu, dan entah siapa yang harus di salahkan? maka jawabannya adalah ini merupakan sebuah tugas orang tua karena, mereka adalah sebagai pengarah hidup awal anak-anak dalam menentukan masa depannya yaitu dengan cara dengan mendidik, membina, mengarahkan serta menerapkan suatu keyakinan dalam diri anak bahwa sesuatu yang ada dalam kenyataan hidup ini tidaklah ada yang tidak mungkin apabila kita terus berusaha demi tercapainya suatu asa yang kita mimpi-mimpikan karena barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia akan berhasil.

Tidak ada komentar: