Kamis, 19 Juni 2008

pengaruh psikologi


Berikan informasi tentang proses psikologi yang berpengaruh dalam proses belajar. Yaitu: motifasi, ingatan, perasaan, fantasi, perhatian, pengamatan, dan tanggapan ?

Proses psikologi yang berpengaruh pada proses belajar:

1. -Motivasi adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku yang menuntut atau mendorong orang untuk memenuhi suatu kebutuhan. dan sesuatu yang dijadikan itu merupakan suatu keputusan yang telah ditetapkan individu sebagai suatu kebutuhan atau tujuan yang nyata yang ingin dicapai.

2. Perasaan sebagai fungsi jiwa adalah mempunyai arti memulai terhadap situasi dimana dengan kita berpadu secara pribadi. Situasi-situasi yang menyenangkan kita nilai secara positif, sedangkan situasi-situasi yang tidak menyenangkan kita nilai secara negatif. Disamping itu tetu saja masih ada kemungkinan-kemungkinan bentuk kontak yang sedikit banyak bersifat netral.

3. Ingatan adalah tertinggalnya bekas-bekas kesan,pesan dan pengalaman yang lampau, meskipun tidak selalu ada secara sadar, namun masih dapat ditimbulkan kembali kesadaran.

4. Fantasi adalah suatu daya jiwa untuk untuk menciptakan tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan-tanggapan yang sudah ada pada diri kita, jadi ciri khas dari segala jiwa ini adalah menciptakan sesuatu yang baru dalam jiwa. ciptaan-ciptaan baru yang terjadi oleh fantasi ini dapat berupa kreasi-kreasi atau kesan-kesan baru tentang sesuatu yang sifatnya disadari atau kurang tidak disadari oleh orang yang bersangkutan.

5. Pengamatan adalah bagaimana seseorang dapat mengenali lingkungan hidupnya karena untuk mempermudah seseorang tersebut meahami kehidupannya melalui pengamatannya.

6. Perhatian adalah apabila kita mencurahkan atau memusatkan suatu pemikiran kita pada suatu objek maka kita menyadari objek itu sepenuhnya.

7. Tanggapan adalah bayangan atau kesan kenangan dari pada apa yang pernah kita amati atau kenali.

Tidak ada komentar: